Informasi

Perkembangan versi Android Hingga Kini

android release dates

Penggunaan smartphone versi android untuk kegiatan apapun pasti bukanlah hal yang asing. Perkembangan android berawal pada tahun 2003 oleh Android, inc juga mulai di akuisisi oleh Google tahun 2005 tepatnya pada bulan September. Namun setelah di bawah naungan Google versi android tidak begitu berkembang bahkan menghilang dan kembali lagi pada tahun 2008.

Jadi setelah kemunculan android pada tahun 2008, android terus berkembang hingga kini dan inilah perkembangan versi mulai dari Alpha:

Rilis pada tanggal 23 September 2008. Versi ini sebelumnya akan rilis menggunakan nama “Astro” namun karena masalah hak cipta namanya menjadi Android versi 1.0. pertama kali di rilis oleh perangkat HTC Dream dengan spesifikasi masih menggunakan keyboard QWERTY.

Perkembangan Android versi Bender rilis bertepatan dengan meluncurnya android market pada tanggal 9 Februari 2009. Namun karena masalah hak cipta nama produk, versi ini juga tidak menggunakan nama “Bender” secara komersil. Perangkat yang pertama kali menggunakan yaitu T-Mobile G1 dengan update berupa penambahan beberapa fitur baru.

  • Android Cupcake 1.5
Android 1.5 Cupcake
Logo versi Cupcake viasalamadian.com

Perkembangan versi android Cupcake adalah awal mula penamaan versi menggunakan nama makanan, penamaan pada versi ini menggunakan nama “Cupcake”. Rilis pada tanggal 27 April 2009, versi Cupcake memiliki banyak spesifikasi terbaru seperti on-screen pada keyboard, bisa melakukan upload video di youtube dan picasa, fitur widget, fitur calender, aplikasi musik oleh amazon MP3, dapat mengatur rotasi, dan yang paling utama adalah fitur Bluetooth A2DP.

Perkembangan versi Android 1.6 yang mungkin kamu mengenal nya dengan sebutan versi Donut. Hal yang terpenting versi android ini rilis pada tanggal 15 September 2009 dengan penambahan banyak fitur baru yaitu bisa menggunakan teknologi CDMA/ EVDO, 802.x VPNs. Selain itu, terdapat penambahan dan perbaikan di android market berupa warna yang semakin User Friendly, bahkan mengurutkan kategori untuk menambah pengalaman pengguna. Tak kalah menarik versi ini bisa digunakan untuk perangkat dengan ukuran layar yang bervariasi.

  • Android Eclair 2.0 – 2.1
Android Eclair
Logo versi Eclair via salamadian.com

Android Eclair rilis tanggal 26 Oktober 2009 dengan berbagai perbaikan. Eclair lebih memperhatikan perbaikan di bagian hardware, Lebih daripada itu versi Eclair juga menambah beberapa fitur seperti terdapat pembaharuan pada aplikasi panduan rute untuk menuju ke alamat yang dituju di aplikasi Google Map, terdapat flash pada kamara 3,2MP juga opsi penyimpanan foto ke galeri, perbaikan browser dengan menggunakan HTML5 membuat penampilan menjadi lebih User Friendly, wallpaper bergerak dan yang paling istimewa adalah home sudah mulai disematkan.

Pemasangan aplikasi pada SD Card merupakan keunggulan yang mengakibatkan kinerja aplikasi menjadi lebih cepat. Versi yang rilis pada tanggal 20 Mei 2010 ini juga memiliki keunggulan lain seperti dukungan pada Adobe Flash 10.1 untuk memudahkan mengakses multimedia di situs web, selalu melakukan update, wifi hotspot portable juga sudah banyak dikenal, auto update pada android market, dan perangkat “Nexus” adalah yang pertama menggunakan versi ini.

Rilis pada tanggal 6 Desember 2021 membuat android versi Gingerbread memperbaiki banyak fitur lama. Bahkan fitur-fitur tersebut masih bisa kamu gunakan sampai saat ini seperti kamera depan, keyboard dengan multitouch, fungsi copy-paste yang lebih akurat, sensor lebih akurat, bisa download langsung dari internet dengan download manager, efek audio yang terus bertambah, dan penambahan format video.

Versi Honeycomb melakukan rilis pada tanggal 22 Februari 2011, jika versi sebelumnya memang difokuskan untuk pengembangan ponsel. Sebaliknya, versi Honeycomb 3.0 sampai 3.1 difokuskan untuk mengoptimalkan tablet dengan multi processor. Versi ini pertama kali digunakan oleh perangkat “Motorola Xoom” dan fitur unggulan di versi honeycomb adalah perbaikan bug, keamanan, stabilitas, juga peningkatan kinerja WIFI.

  • Android Ice Cream Sandwich 4.0

    Android Ice Cream Sandwich
    Logo versi Ice Cream Sandwich via salamadian.com

Versi Ice Cream Sandwich rilis pada tanggal 19 Oktober 2011. Ini adalah versi pertama yang mengenalkan konsep face unlock. Tentu saja dengan fitur tambahan dan perbaikan dari versi sebelumnya, apalagi desain semakin halus dan canggih. Fitur yang mendukung versi ini yaitu bisa search email secara offline, analisa penggunaan data internet yang kamu gunakan, semua navigasi bisa dijalankan dengan on-screen, widget bisa diatur sesuai dengan keinginan, dan hal yang utama aplikasi bawaan sudah semakin lengkap.

Android versi Jelly Bean 4.1 sampai 4.3 mulai rilis pada tanggal 12 Juli 2012, selain melakukan perbaikan dari versi sebelumnya. terdapat fitur yang mempermudah kinerja perangkat seperti terdapat asisten digital, swipe di homescreen, dan peningkatan di bagian User friendly membuat kinerja dari perangkat ini menjadi lebih cepat.

Selain memperbaiki fitur lama yang ada di versi Jelly Bean versi Kitkat juga menambah beberapa fitur lagi. Beberapa fitur yang paling disukai adalah memiliki Ram minimum 512, meningkatkan Uxer Experience, dan pesan singkat dengan Hangouts. Rilis pada tanggal 31 Oktober 2013 dengan ternyata cukup disukai oleh pengguna smartphone. Perangkat pertama yang menggunakan versi ini adalah “Google Nexus 5”.

Android Lollipop rilis pada tanggal 25 Juni 2014 dengan perbaikan User Interface versi sebelumnya. Selain melakukan perbaikan terdapat tambahan fitur untuk versi ini seperti Android TV, perlindungan factory reset, penampilan notifikasi yang semakin canggih, gambar berformat RAW, daya tahan baterai yang baik, support untuk multicard, dan yang paling mengejutkan RAM diatas 3GB.

Android versi Marshmallow rilis pada tanggal 5 Oktober 2015 dengan spesifikasi Doze hemat baterai, terdapat fingerprint, USB tipe C, dan smartphone versi ini sudah bisa melakukan multi-window, terdapat memori manager dengan versi lebih dinamis.

Multi-window yang sebelumnya belum sempurna pada versi Marshmellow sudah disempurnakan dan bisa digunakan dengan banyak aplikasi. Optimalisasi baterai saat smartphone mati dan pengoptimalan memori sangat membantu kamu dalam mengoperasikan smartphone versi ini. Hal yang terpenting versi ini rilis pada tanggal 23 Agustus 2016 dengan update fitur google now menjadi google Assistant.

Android Oreo 8.0
Android 8.0 Oreo
Logo versi Oreo via rameune.com

Beberapa masih menggunakan versi ini untuk smartphone kesayangan nya. Versi yang rilis pada tanggal 21 Agustus 2017 melakukan banyak upgrade daripada versi sebelumnya. Spesifikasi yang terbaru di versi ini adalah melakukan picture in picture, terdapat notifikasi yang semakin canggih seperti bisa menutup notifikasi disetiap aplikasi.

Android versi Pie rilis pada tanggal 6 Agustus 2018. Pie semakin canggih dengan smart reply, dan sudah dapat menggunakan AI. Apabila kamu menggunakan versi Pie maka sudah ada durasi penggunaan smartphone dan durasi baterai. Meskipun begitu, Android versi Pie juga memperbaiki User Experience untuk pengguna seperti melakukan Screenshoot picture pada opsi daya.

Penamaan versi android 10 berbeda daripada versi sebelumnya yang menggunakan makanan sebagai nama komersilnya. Android versi ini tentu saja sudah memiliki kemampuan yang semakin canggih daripada android versi sebelumnya. Rilis pertama tanggal 3 September 2019 dengan UI yang fresh dan tentu saja menjadi nilai tambah untuk versi ini.

Mulai di rilis pada 8 September 2020, Android versi ini memiliki banyak fitur menarik seperti navigasi, multitasking, kelengkapan fitur privasi, Google juga menyematkan fitur Fast Share yang memiliki kemampuan mengirim file ke perangkat Android lainnya melalui Wi-Fi, pengaturan izin akses berdasarkan kasus, dan terdapat pembenahan di bagian UX juga UI yang tentu saja semakin atraktif.

Dan itulah perkembangan versi Android dari tahun 2008 sampai sekarang, penggunaan smartphone android tentu saja harus sesuai dengan kebutuhan yang sedang kamu kerjakan ya … ketika mendapat pilihan untuk menentukan versi mana yang terbaik tentu saja versi 11 karena versi terbaru. Jadi versi berapa Android yang pernah kamu gunakan?

Author

Febi Fidhiyanti

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *