Tips investasi untuk investor pemula.  Ketika akan mulai untuk melakukan investasi tidak semua produk investasi cocok untuk kamu yang baru memulai investasi. Meskipun begitu, untuk melakukan investasi sekarang sangatlah mudah hanya dengan perantara smartphone kamu bisa melakukan investasi. Dan investasi di pasar modal masih menjadi investasi yang paling unggul. Sebagai pemula, mari simak ulasan tentang tips investasi di bawah ini:

  • Mulai Sedini Mungkin

Tips investasi yang pertama adalah lakukan sedini mungkin. Semakin awal kamu berinvestasi, maka kamu akan semakin berpengalaman dalam melakukan investasi. Sesuaikan investasi dengan profil, modal, juga komitmen kamu ketika berinvestasi.

  • Pertimbangkan Jenis Investasi

Lakukan riset tentang jenis investasi dan pilih jenis investasi yang kamu pahami dengan baik. Jangan menentukan investasi berdasarkan kesuksesan orang lain. Sesuaikan dengan kondisi keuangan dan seberapa besar kamu bisa mengambil resiko. Untuk jenis investasi sendiri yaitu obligasi, investasi saham, investasi emas, investasi mata uang asing, investasi reksa dana, dan investasi barang koleksi.

  • Gunakanlah Aplikasi Terdaftar OJK

Sekarang banyak aplikasi investasi yang bisa kamu gunakan, apalagi beberapa aplikasi tersebut sudah terdapat Robo Advisor. Jadi untuk kamu yang masih kebingungan untuk menentukan investasi, kamu bisa download aplikasi investasi dan kamu akan mendapatkan saran portofolio yang sesuai. Jika masih bingung, kamu bisa membaca di bypulsa dengan judul “Aplikasi Investasi yang Sudah Terdaftar OJK“.

  • Target Waktu dan Dana

Waktu dan Dana adalah saran penting ketika kamu akan berinvestasi, jika kamu menggunakan aplikasi yang terdapat Robo Advisor, maka kamu akan mendapatkan banyak pilihan. Namun tetap tentukan target waktu kamu ketika melakukan investasi dan juga target dana yang kamu miliki. Supaya lebih aman dan stabil dalam berinvestasi

  • Lakukan Investasi dengan Konsisten 

Untuk kamu yang baru akan memulai investasi, maka penting untuk kamu melakukan investasi secara konsisten. Paling bagus, kamu bisa mengalokasikan 10% dari pendapatan bulanan untuk investasi.

  • Carilah Perusahaan Untung

Pilihlah emiten yang memiliki pertumbuhan positif dan kamu juga harus memperhatikan kestabilan pendapatan juga laba emiten. Kamu perlu memperhatikan pos arus kas dan aktivitas operasional. Jika kamu menemukan angka arus kas dekat dengan net income, maka perusahaan tersebut baik

  • Rugi Sejalan Dengan Profit

Sebagai investor pasti ingin memiliki profit yang tinggi, namun untuk kamu yang baru memulai. Jangan buru – buru ya … Lakukanlah secara bertahap. Karena sebenarnya keuntungan atau profit invetasi itu sejalan dengan kerugian.

  • Periksa Laporan Keuangan

Memeriksa laporan keuangan dari perusahaan yang akan kamu investasikan tentu saja penting. Periksalah laporan keuangan hingga satu tahun sebelumnya. Pahamilah apakah laporan keuangan nya bagus atau justru sangat buruk.

  • Lakukan Pengawasan

Apabila kamu sudah berinvestasi, kamu harus mengevaluasi investasi kamu tersebut dari waktu ke waktu. Supaya kamu tau investasi mana yang memang sesuai juga cocok untuk kamu.

Jadi itulah beberapa tips juga saran untuk kamu yang baru akan memulai investasi. Seringlah riset untuk menentukan investasi mana yang tepat. Dengan teknologi yang semakin maju, kamu bisa melakukan investasi dengan aplikasi investasi dan transfer menggunakan dompet digital atau juga dengan bank yang kamu miliki. Dan dari banyaknya tips pada ulasan di atas, yang paling penting adalah jangan takut untuk memulai. So, kapan kamu akan mulai investasi? 

Author

Febi Fidhiyanti

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *