apa itu qris

Serba serbi digital telah menjamah metode pembayaran. Sebelum kehadiran QRIS, sebuah aplikasi pembayaran menggunakan QR Codenya masing-masing. Tentunya hal ini kurang efektif bukan?. Oleh karena itu QRIS hadir membawa kemudahan bagi kamu dalam melakukan pembayaran. Quick Response Indonesia Standart atau QRIS merupakan standar QR Code pembayaran. QR Code digunakan sebagai pembayaran yang dikembangkan oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI). Pada tahun 2020, pengguna QRIS telah mencapai 3,4 juta. Quick Response Indonesia Standart diluncurkan pada 17 Agustus 2019. Quick Response Indonesia Standart terdiri dari data dan informasi yang dirangkai dalam kode yang dapat dibaca oleh alat tertentu dalam proses pembayaran. Bentuknya berupa barcode yang dapat terhubung dengan berbagai macam sistem pembayaran.

Dalam waktu dekat Bank Indonesia akan melakukan uji coba pilot project QR Cross Border. Thailand dan beberapa negara lain juga telah siap melakukan uji coba pilot project QR Cross Border. Namun terdapat batasan dalam dalam melakukan transaksi. Nominal transaksi maksimal 2 juta rupiah per transaksi. Bank Indonesia menetapkan biaya transaksi sebesar 0,7 % dalam QRIS. Biaya yang terbilang cukup kecil apabila dibandingkan dengan biaya GPN (Gerbang Pembayaran Nasional).

qris apa itu qris
Gambar ilustrasi via jevtonline

Ada beberapa karakteristik dari QRIS yaitu UNGGUL, dilansir dari accurate adalah sebagai berikut :

  • Universal, kamu bisa melakukan pembayaran dengan satu QR code saja.
  • Gampang, sekali pindai kamu dapat menyelesaikan pembayaran dengan mudah.
  • Untung, dengan satu jenis QR Code dapat menyelsaikan tarif pembayaran setiap merchant dan konsumen.
  • Langsung, transaksi dapat dilakukan secara real-time.

Cara bayar pakai QRIS

Proses transaksi menggunakan Quick Response Indonesia Standart sangatlah mudah. Kamu hanya perlu mengikuti beberapa langkah pembayaran. Berikut cara bayar pakai QRIS :

  • Buka Aplikasi yang memiliki fitur QRIS seperi LinkAja, Dana, Gopay, dll
  • Pilih metode pembayaran pada halaman proses pembayaran, kemudian pilih “Uang elektronik” lalu “QRIS“, scan barcode yang ada dan klik “Bayar Sekarang“.
  • Kemudian konfirmasi nominal transaksi.
  • Cek nominal transaksi yang kamu lakukan, kemudian scan QR Code menggunakan aplikasi elektronik, e wallet atau mobile banking. Baca juga Apa itu e-wallet?
  • Jika kamu menggunakan handphone dalam proses transaksi, kamu dapat melakukan screen capture kemudian upload barcodenya.
  • Kemudian kamu bisa memasukan PIN untuk melanjutkan transaksi.
  • Pembayaran telah berhasil.

Kesimpulan

Sebelum kehadiran QRIS, sebuah aplikasi pembayaran menggunakan QR Codenya masing-masing. Oleh karena itu QRIS hadir membawa kemudahan bagi kamu dalam melakukan pembayaran. Quick Response Indonesia Standart atau QRIS merupakan standar QR Code pembayaran. Pada tahun 2020, penggunanya telah mencapai 3,4 juta. Bank Indoneisa menetapkan biaya transaksi sebesar 0,7 %. Jadi apakah kamu tertarik mencobanya?

Author

Wakhida Rahmah

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *